Dalam sebuah artikel berjudul, “Temuan Prasasti Berhuruf Cina Penguat Keberadaan Tokoh Besar Nusantara di Panjer – Kebumen” (http://kebumen2013.com/temuan-prasasti-berhuruf-cina-penguat-keberadaan-tokoh-besar-nusantara-di-panjer-kebumen/), Ravie Ananda menghubungkan benda yang ditemukannya di bekas Pabrik Mexolie di kawasan dekat Stasiun Kebumen sebagai sebuah prasasti dari era Ceng Ho. Mari kita ikuti sejumlah argumentasi dan pernyataan dalam artikel tersebut.
The Past is the Key to the Present - Masa Lalu Kunci Memahami Masa Kini
Senin, 28 November 2016
Senin, 14 Maret 2016
BEBERAPA PEMIKIRAN PERIHAL KEWISATAAN DI KEBUMEN
Dalam acara Penyampaian Program Unggulan Bupati dan Wakil Bupati Bagi Para Pelaku Wisata di Kabupaten Kebumen yang dilaksanakan di Pendopo Bupati pada tanggal 10 Maret 2016 lalu pemerintahan daerah di bawah kepemimpinan Bapak H.M. Yahya Fuad bertekad untuk memfokuskan pada pembangunan kewisataan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan tentunya meningkatkan pendapatan daerah pula.
Menurut data, selama tahun 2015, pendapatan obyek wisata (Obwis) di Kabupaten Kebumen mencapai Rp. 5.653.204.994 atau 88,16% dari yang ditargetkan, yakni sebesar Rp 6.412.700.000. Dengan jumlah pengunjung mencapai tak kurang dari 1 juta orang. Data Disparbud Kabupaten Kebumen menunjukan pendapatan tertinggi berasal dari Obwis Gua Jatijajar sebanyak Rp. 2.292.678.320, kemudian disusul Pantai Suwuk yang mencapai Rp. 1.770.808.800. Selanjutnya pantai Logending menyumbang pendapatan Rp 594.446.500 serta Pantai Petanahan Rp. 318.234.200.http://www.kabupatenreport.com/pendapatan-obyek-wisata-kabupaten-kebumen-2015-capai-rp-56-milyar/). Dari data tersebut kita mendapati fakta bahwa hanya obyek-obyek wisata lama yang memberikan sumbangsih bagi PAD sementara jika ditelaah, Kebumen ternyata memiliki sejumlah destinasi wisata baru yang dikembangkan oleh beberapa komunitas masyarakat namun belum memberikan dampak secara signifikan bagi PAD.
Menurut data, selama tahun 2015, pendapatan obyek wisata (Obwis) di Kabupaten Kebumen mencapai Rp. 5.653.204.994 atau 88,16% dari yang ditargetkan, yakni sebesar Rp 6.412.700.000. Dengan jumlah pengunjung mencapai tak kurang dari 1 juta orang. Data Disparbud Kabupaten Kebumen menunjukan pendapatan tertinggi berasal dari Obwis Gua Jatijajar sebanyak Rp. 2.292.678.320, kemudian disusul Pantai Suwuk yang mencapai Rp. 1.770.808.800. Selanjutnya pantai Logending menyumbang pendapatan Rp 594.446.500 serta Pantai Petanahan Rp. 318.234.200.http://www.kabupatenreport.com/pendapatan-obyek-wisata-kabupaten-kebumen-2015-capai-rp-56-milyar/). Dari data tersebut kita mendapati fakta bahwa hanya obyek-obyek wisata lama yang memberikan sumbangsih bagi PAD sementara jika ditelaah, Kebumen ternyata memiliki sejumlah destinasi wisata baru yang dikembangkan oleh beberapa komunitas masyarakat namun belum memberikan dampak secara signifikan bagi PAD.
Rabu, 17 Februari 2016
KARST GOMBONG
nasional.tempo.com
Antara Investasi dan Kelestarian Lingkungan Serta Dampak Sosial
Dengan keberadaan
Otonomi Daerah yang diatur dalam Undang-Undang No 23 Tahun 2014 maka daerah
memiliki kewenangan yang lebih besar untuk melakukan pembangunan di daerah
dengan memaksimalkan potensi-potensi di daerah baik potensi sumber daya alam,
potensi wisata bahkan potensi investasi dengan mengundang investor masuk untuk
menanamkan investasinya dan tidak hanya mengandalkan pendapatan dari sektor
pajak dan restribusi belaka sesuai amaran dalam UU No 23 Tahun 2014 Bab XI
Pasal 285.
Secara makro ekonomi,
investasi diperlukan karena dapat menimbulkan sejumlah keuntungan al.,
meningkatkan pendapatan asli daerah, membuka lapangan kerja dan menyerap tenaga
kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat. Terkait dengan rencana pendirian
Pabrik Semen Gombong di Desa Nogoraji Kecamatan Buayan yang masih menimbulkan
kontroversi dan penolakkan dari sejumlah elemen masyarakat khususnyadari
Persatuan Rakyat Penyelamat Karst Gombong (Pepag), merupakan bagian dari proses
investasi di daerah.
Senin, 25 Januari 2016
REVITALISASI NILAI POLITIS DAN EDUKATIF SENI TRADISI KETOPRAK BERBASIS KARAKTER BANYUMAS
Ketoprak Sebagai Seni Tradisi
Kesenian tradisional atau seni tradisi bisa didefinisikan sebagai bentuk kesenian yang lahir dan tumbuh dalam konteks wilayah tertentu yang diteruskan dari satu periode ke periode berikutnya. Setiap wilayah di Nusantara memiliki seni tradisinya masing-masing, baik yang lahir sejak periode pra kolonial maupun di era kolonial serta paska kolonial.
Ketoprak, merupakan salah satu seni tradisi yang berkembang di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah dan berkategori teater rakyat yang memiliki karakteristik narasi bertemakan sejarah klasik (raja-raja), legenda (tokoh maupun asal usul sebuah wilayah), dongeng dan dimainkan oleh sejumlah pemain dengan menggunakan bahasa Jawa mulai dari ngoko hingga kromo inggil dengan diselingi canda dan sindiran. Istilah ketoprak sendiri diyakini berasal dari bunyi alat musik lesung yang menghasilkan bunyi “dung”, “dung”, “prak”, “prak”.
Minggu, 17 Januari 2016
NEGARA TANPA SEJARAWAN?
Lazim dalam percakapan
umum terlontar nada merendahkan jika seorang siswa SMU hendak melanjutkan pada
studi sejarah di perguruan tinggi dengan mengatakan, “mau kerja apa jika ambil ilmu sejarah?” Bahkan tidak jarang
beberapa pendidik melontarkan kata dan kalimat yang melemahkan hasrat dan
keinginan seorang siswa mendalami dan mempelajari ilmu sejarah. Mengapa ilmu
sejarah kurang diapresiasi baik oleh segolongan pendidik maupun peserta didik?
Alasan klasik yang kerap dikatakan biasanya, “ah, ilmu sejarah membosankan karena harus menghafal kisah dan tahun
peristiwa bersejarah”.
Saya tidak akan
memfokuskan diri untuk menjawab pertanyaan, “mau
kerja apa jika ambil ilmu sejarah?” namun memfokuskan memberikan penjelasan
“apa yang terjadi jika sebuah negara
tidak memiliki sejarawan yang menjaga ingatan masa lalu?” Untuk menjawab
pertanyaan di atas, saya tidak akan memulai dengan memberikan
penjelasan-penjelasan normatif namun dengan membawa para pembaca untuk
melakukan permenungan kritis. Apa yang terjadi jika Prapanca tidak menuliskan
Kitab Negarakretagama dan apa yang
terjadi jika Empu Tantular tidak menuliskan Kitab Kakawin Sutasoma? Kitab Negarakretagama
berisikan 98 pupuh dan berkat kitab ini kita bisa mengetahui banyak perihal
kebesaran Majapahit mulai dari sistem politik, sistem sosial serta sistem agama
di era kebesaran raja Hayamwuruk. Bahkan menurut Prof. Slamet Mulayana, “Berkat uraiannya, kita dapat sekadar
mengetahui apa sebenarnya yang terjadi di Kerajaan Majapahit pada zaman
pemerintahan Raja Rajasanagara sampai tahun 1365. Untuk menggambarkan betapa
luasnya Majapahit, ia menjumlah secara sistematis negara-negara bawahan dalam
kelompok-kelompok; disajikan dalam pupuh 13 dan 14” (Tafsir Sejarah Negara Kretagama,
2006:334). Kitab Sutasoma merupakan kisah epik bernafas agama Budha dalam dalam
pupuh 139:5 tercantum kalimat, “Rwāneka
dhātu winuwus Buddha Wiswa (Konon Buddha dan Siwa merupakan dua zat yang
berbeda), Bhinnêki rakwa ring apan kena parwanosen (Mereka memang berbeda,
tetapi bagaimanakah bisa dikenali?), Mangkang Jinatwa kalawan Śiwatatwa tunggal
(Sebab kebenaran Jina (Buddha) dan Siwa adalah tunggal), Bhinnêka tunggal ika
tan hana dharma mangrwa (Berbeda-beda manunggal menjadi satu, tidak ada
kebenaran yang mendua)”
Selasa, 05 Januari 2016
TIDAK ADA PERADABAN KABALISTIK DI KEBUMEN!
Tanggapan Terhadap Artikel, “Temuan Peradaban Kabalistik di Kebumen”
Saat membaca judul dan memahami isi artikel Sdr. Ravie Ananda, saya benar-benar diherankan dengan sebuah istilah yang aneh dan tidak pernah ada dalam literatur manapun yaitu “peradaban Kabalistik di Kebumen”. Mengapa saya katakan aneh dan tidak pernah ada dalam literatur manapun? Pertama, penggunaan istilah peradaban yang dihubungkan dengan nama Kebumen terlalu berlebihan karena tidak pernah ada peradaban Kebumen selain peradaban Jawa dimana Kebumen adalah bagian dari Jawa.
Langganan:
Postingan (Atom)